Kamis, 06 Oktober 2011

Kisah Steve Jobs: Mendunia berkat Garasi Rumah

Foto Presentasi Steve Jobs CEO Apple

Bernama lengkap Steven Paul Jobs yang lahir di San Francisko, California, Amerika Serikat (AS). Pria yang lahir 24 Februari 1955 ini mulai mendirikan Apple di tahun 1976 bersama dengan Steve Wozniak.
Mulanya di tahun 1972, Jobs lulus dari SMA Homestead di Cupertino, California dan diterima di Reed College di Portland, Oregon, tapi baru satu semester kuliah dia sempat dikeluarkan. Tapi Jobs segera mendaftar kembali kuliah di Reed College dan fokus mempelajari seni rupa.

“Jika saya tak pernah dikeluarkan dari tempat belajar itu mungkin Mac saat ini tak akan memiliki multiple typefaces atau font-font yang proposional,” katanya.

Di musim gugur tahun 1974, Jobs kembali ke California dan mulai menghadiri pertemuan “Homebrew Computer Club” dengan Steve Wozniak. kemudian keduanya bekerja di Atari Inc., sebuah perusahaan pembuat permainan komputer yang terkenal, dengan jabatan sebagai perancang permainannya. Motivasinya saat itu adalah mengumpulkan uang untuk melakukan perjalanan spiritual ke India.
Jobs kemudian melakukan perjalanan pencerahan spritual ke India bersama Daniel Kottke teman semasa kuliah, yang kemudian menjadi pegawai Apple pertama yang direkrut Job. Dirangkum okezone dari berbagai sumber, Kamis (25/8/2011).

Baru kemudian di tahun 1976, ketika Jobs berusia 21 tahun dan Wozniak yang saat itu berusia 26 tahun, mereka mendirikan Apple Computer Co. di garasi milik keluarga Jobs. Komputer pribadi yang diperkenalkan Jobs and Wozniak diberi nama Apple I. Komputer itu dijual dengan harga USD 666,66.
Setelah itu tepatnya di 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II, yang sukses besar di pasaran rumah tangga dan memberi Apple pengaruh besar di industri komputer pribadi yang tergolong masih muda. Tepatnya tahun 1980, Apple Computer mencatatkan namanya di bursa efek dan dengan penawaran saham awal yang sukses, sehingga ketenaran Jobs bertambah.

Tahun itu Apple Computer juga merilis Apple III, walaupun kesuksesannya tidak sebaik sebelumnya.
Seiring dengan berkembangnya Apple Computer, perusahaan itu mulai mencari kepemimpinan baru untuk membantu mengatur perkembangan perusahaan tersebut. Di tahun 1983, Jobs menggaet John Sculley dari perusahaan Pepsi-Cola, untuk memimpin Apple Computer. Dan di tahun 1984 menjadi tahun perdana pengenalan Macintosh, komputer pertama yang berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis.

Pengembangan Mac dicetuskan oleh Jef Raskin dengan menggunakan teknologi yang sudah dikembangkan di Xerox’s PARC, tetapi belum sempat dikomersialkan. Kesuksesan Macintosh membuat Apple menelantarkan Apple II demi mengembangkan produksi Mac, yang bertahan sampai saat ini.

Berikut adalah beberapa foto Computer Apple Generasi Pertama
Foto Presentasi Steve Jobs CEO Apple
Apple Computer Generasi Pertama
Apple Computer Generasi KeduaApple Computer Generasi KetigaApple Computer Generasi Machintos Pertama


0 komentar:

Posting Komentar